Apakah Kuliah Di Universitas Terbuka Satu Semester Hanya Dua Bulan?

Apakah Kuliah Di Universitas Terbuka Satu Semester Hanya Dua Bulan?

IDCloudmedia.com – Bagi calon mahasiswa yang bertanya ataupun yang sudah menjadi mahasiswa Universitas Terbuka apakah  kuliah di UT satu semesternya hanya 2 (dua) bulan saja? Apakah kuliah di UT tidak sampai 6 bulan per semesternya? Mari kita temukan jawabannya.

Bagi yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru Universitas Terbuka mungkin sudah pernah mendengar informasi tentang tutorial online yang dilaksanakan sebanyak 8 inisiasi.

Atau anda yang berstatus mahasiswa UT dan sudah menjalani tutorial online selama 8 kali  dimana 1 kali tutorial online dilaksanakan selama 1 minggu mengira kuliah di UT per semester cuma 2 bulan?

Satu kali tutorial online selama satu minggu, jadi dalam 1 bulan ada 4 kali tutorial online. Jika 8 kali tutorial online maka waktunya adalah dua bulan.

Kuliah Di Universitas Terbuka Satu Semester Hanya Dua Bulan Bukan 6 Bulan?

Dari sinilah kemungkinan muncul pertanyaan apakah kuliah di Universitas Terbuka dalam satu semester yang harusnya 6 bulan hanya menjadi 2 bulan saja, apalagi tutorial online ini dilaksanakan dua bulan lebih sebelum Ujian Akhir Semester dimulai.

Jawabannya kuliah di UT untuk satu semester lamanya sama dengan 6 bulan seperti di universitas atau kampus lain. Jadi satu semester bukan 2 bulan saja.

Inilah penjelasan mengapa kuliah di Universitas Terbuka per semester bukan hanya dua bulan saja.

Sistem Pembelajaran di Universitas Terbuka

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial.

Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan bahan bacaan lain diperpustakaan mengikuti tutorial, baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi;

Untuk dapat belajar mandiri secara efektif, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat.

Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri.

Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri. sumber : https://www.ut.ac.id/sistem-pembelajaran

Beban SKS Mahasiswa Universitas Terbuka

UT seperti halnya perguruan tinggi yang lain, menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa. Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.

Dalam sistem pendidikan jarak jauh, mahasiswa juga harus mengalokasikan waktu yang sama dengan mahasiswa tatap muka (2 jam per minggu per sks). Hanya saja kegiatan belajarnya lebih banyak dilakukan secara mandiri (belajar sendiri, belajar berkelompok, atau tutorial).

Khusus untuk UT, satu SKS disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri dari 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman, tergantung pada jenis mata kuliahnya.

Apabila satu semester mempunyai waktu 16 minggu, maka waktu yang diperlukan untuk membaca dan memahami bahan ajar dengan bobot 3 sks adalah 75 jam dibagi 16 minggu, atau kurang lebih 5 jam per minggu.

Misalnya, mahasiswa mengambil 15 sks/semester, maka yang bersangkutan harus mengalokasikan waktu belajar sebanyak 15 sks dibagi 3 sks kali 5 jam = 25 jam per minggu atau kira-kira 5 jam per hari (1 minggu dihitung 5 hari belajar).

sumber : https://www.ut.ac.id/sistem-pembelajaran

Yang saya garis bawahi silahkan anda pahami dan renungkan, sudah sangat jelas. Berapa waktu yang diperlukan untuk membaca dan memahami modul mata kuliah UT yang tebal satu modulnya saja bisa 300 halaman lebih? Apalagi anda mengambil 7 mata kuliah, Apakah dua bulan cukup?

Mari Kita Lihat Kalender Akademik Universitas Terbuka

 

sumber: http://jember.ut.ac.id/index.php/pengumuman/126-kalender-akademik-tunggal-dan-tempat-ujian-2018-2019-1

Saat anda mendaftar menjadi maba di Universitas Terbuka pada  3 Desember 2018, setelah diterima maka anda bisa mengambil matakuliah untuk didaftarkan selama 3 Desember 2018 -13 Februari 2019.

Artinya dari bulan Desember 2018  s/d 22 Juni 2019 adalah waktu anda untuk belajar dalam 1 semester!

bukan hanya saat mau tutorial online saja!

Adanya waktu berbulan-bulan antara masa registrasi matakuliah dan pembayaran uang kuliah dengan masa tutorial online hingga UAS itu juga waktu anda untuk kuliah. Waktu anda untuk curi start, waktu anda untuk belajar mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *