Benarkah Kuliah Di UT Susah Lulus?

Benarkah Kuliah Di UT Susah Lulus?

IDCloudmedia.com – Benarkah Kuliah Di UT Susah Lulus?. Kalau ada yang bilang mengapa di UT (Universitas Terbuka) susah untuk lulus padahal masuknya mudah, jawabannya bisa ya bisa juga tidak. Artinya relatif, tergantung faktor-faktor lainnya yang menentukan.

Banyaknya informasi dari mahasiswa/mahasiswi yang memperoleh nilai UAS E. Nilai E artinya  tidak lulus dan membuat orang berpikir kalau memperoleh nilai bagus saja susah, apalagi lulusnya juga pasti susah.

Pertanyaan kenapa di UT susah lulus? jawabannya hanya satu, yaitu nilai UAS anda tidak lulus. Itu saja. Hanya saja dari nilai UAS yang tidak lulus tersebut dapat dicari faktor penyebabnya. Dan biasanya faktornya karena mahasiswa/i tersebut.

Orang kuliah sebenarnya ditentukan oleh dirinya sendiri dalam menjalani perkuliahan, serta jurusan yang diambil (hubungannya dengan tingkat kesulitan).

Di UT menerapkan sistem belajar mandiri, artinya mahasiswa dituntut untuk memiliki motivasi belajar sendiri secara maksimal. Hasilnya sebagian besar ditentukan oleh pemahaman terhadap sebuah mata kuliah yang dipelajari.

mengapa di ut susah lulus

Artinya kita dituntut untuk ekstra belajar dibanding dengan mahasiswa reguler yang setiap hari bertemu dengan dosen dan teman-teman sekelas.

Nah sekarang bagi anda yang tidak terbiasa atau tidak bisa belajar sendiri maka harus membiasakan belajar mandiri kalau kuliah di Universitas Terbuka.

Menurut saya, orang kuliah yang tidak lulus-lulus itu karena nilai mata kuliahnya banyak yang tidak/belum lulus sehingga harus diulang agar setidaknya IPK nya mencapai batas minimal aman untuk test CPNS mungkin 2.75 / 3.0 atau hingga semua nilainya memenuhi syarat untuk lulus.

Baca : syarat lulus kuliah di Universitas Terbuka

Karena seperti di UT untuk lulus itu ada syaratnya yang harus terpenuhi. Jika anda mengetahui syaratnya semoga anda bisa fokus memenuhi syarat tersebut agar bisa cepat lulus di UT, tentunya bukan hanya cepat lulus tapi nilainya juga harus bagus.

Atau memang kuliahnya tidak fokus, misalnya sambil kerja sehingga harus berbagi waktu dan pikiran untuk kerja dan kuliah.

Jadi pada intinya lama atau sebentar, cepat lulus atau tidak lulus seseorang dari perkuliahan itu kembali ke masing-masing individunya, bukan tergantung kampus atau universitasnya, menurut saya.

Apakah kuliah di UT susah untuk lulus? bukankah ada kampus atau universitas yang masuknya saja susah, saingannya banyak, jurusannya susah, tapi tidak sedikit juga mahasiswanya yang cepat lulus atau lulus tepat waktu?

Lalu mengapa di Universitas Terbuka yang masuknya saja mudah, tapi katanya lulusnya susah?

Apakah karena di UT itu belajar mandiri, kebanyakan yang kuliah sudah kerja (tidak fokus, harus bagi waktu), dan tidak ada sistem drop out?

Mungkin ketiga faktor di atas menjadi sebab orang kuliah di UT susah untuk lulus atau tidak bisa lulus dengan cepat.

Sehingga ketika ada orang kuliah di UT bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang bagus maka kemungkinan karena mereka dapat mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.