Berapa Tahun Kuliah Di Universitas Terbuka?

Berapa Tahun Kuliah Di Universitas Terbuka?

IDCloudmedia.com – Banyaknya mahasiswa atau mahasiswi yang tidak kunjung lulus kuliah membuat banyak orang bertanya sebenarnya kuliah itu berapa tahun? Mengapa ada mahasiswa yang tidak lulus-lulus?

Berapa tahun kuliah yang seharusnya atau secara umum? Ada banyak faktor yang membuat anak kuliahan lama tidak lulus. Apalagi kuliah mandiri seperti di Universitas Terbuka, untuk lulus cepat tentunya perlu perjuangan.

Untuk lulus cepat di UT bukan sebuah hal yang mustahil untuk diraih, apalagi bagi anda mahasiswa non sipas di Universitas Terbuka.

Mahasiswa non sipas dapat mengambil sks lebih banyak atau lebih sedikit (fleksibel), meski dibatasi untuk maksimalnya adalah 25 sks per semester.

Dalam satu angkatan, orang yang telah lebih dahulu kuliah belum tentu akan lulus lebih cepat karena tidak sedikit juga mahasiswa angkatan di bawahnya malah lebih duluan lulus.

Apakah anda pernah mendengar istilah ‘mahasiswa abadi’ ?. Berdasarkan wikipedia ;

Mahasiswa abadi adalah sebuah julukan bagi mahasiswa yang menjalani kuliah dalam waktu yang sangat lama atau, lebih pastinya, melampaui waktu kuliah melebihi kebanyakan mahasiswa lainnya.

Lalu berapa tahun waktu kuliah yang seharusnya ditempuh oleh mahasiswa di Universitas Terbuka?

Jika perkuliahan anda lancar, untuk yang menempuh D3 adalah selama 3 tahun (6 semester), dan untuk S1 selama 4 tahun (8 semester).

Dalam perjalanannya tentu setiap orang akan memiliki waktu yang berbeda untuk menyelesaikan perkuliahannya, ada yang lebih cepat, misalnya S1 hanya 3.5 tahun, 4 tahun, atau ada yang lebih dari 4 tahun.

Cepat atau lamanya anda lulus kuliah di Universitas Terbuka untuk mahasiswa layanan non sipas ditentukan oleh jumlah sks yang diambil per semester, nilai UAS, dan konsistensi dalam registrasi mata kuliah.

Semakain banyak sks yang diambil maka sisa sks yang harus ditempuh semakin sedikit. Sebagai contoh untuk mahasiswa S1 dengan jumlah sks 144.

Jika setiap semester mengambil 24 sks maka hanya perlu waktu 3 tahun untuk lulus. Dengan catatan tidak ada nilai yang mengulang.

Perhitungannya 144 sks :24 sks = 6 semester atau 3 tahun

Jika sering mendapatkan nilai E pada UAS di UT, maka frekuensi untuk mengulang tidak akan dapat dihindarkan. Semakin sering mengulang mata kuliah maka waktunya juga semakin lama untuk lulus.

Ada mahasiswa UT yang tidak konsisten dalam registrasi mata kuliah, misalnya mengambil cuti satu semester atau lebih dikarenakan beberapa hal.

Misalnya cuti karena kesibukan, biaya, dan lainnya membuat waktu lulusnya juga lebih lama dari yang seharusnya.

Jadi untuk lulus cepat di Universitas Terbuka itu tidak mustahil kan? bahkan 3 tahun bisa lulus S1 itu sudah luar biasa, dan kalau bisa kenapa tidak?

Lama lulus, sering mengulang, akhirnya akan menambah biaya kuliah dari yang seharusnya. tentu akan rugi waktu dan biaya.

Tinggalkan Balasan