C Band vs Ku Band Pilih Mana

C Band vs Ku Band Pilih Mana?

IDCloudmedia.com – Antara C Band vs Ku Band Pilih Mana?. Sebelum menentukan pilihan antara Lnb C band atau Ku Band, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan LNB S Band, C Band, Ku Band.

LNB adalah singkatan dari Low Noise Block downconverter. LNB memiliki fungsi mengubah sinyal dari gelombang elektromagnetik atau gelombang radio menjadi sinyal listrik dan menggeser rentangnya dari C-band atau Ku-band L-band (wikipedia).

Jenis LNB yang umum digunakan di Indonesia

LNB memiliki jenis dan bentuk masing-masing. Ada tiga jenis lnb yang sering kita jumpai di Indonesia diataranya LNB C Band, LNB S Band, dan LNB Ku Band.

LNB C Band memiliki bentuk seperti tabung panjang, LNB S Band memiliki bentuk seperti mangkuk, LNB Ku Band memiliki bentuk seperti LNB C Band hanya saja bentuknya lebih kecil.

lnb c band dan ku band

Dari ketiga jenis LNB C, S, dan Ku Band penggunaanya bisa kita jumpai pada parabola. LNB C Band biasa digunakan pada parabola dengan ukuran yang lumayan besar seperti penggunaan pada parabola jaring,

LNB S Band dan Ku  Band biasa digunakan pada parabola mini. Masing-masing jenis LNB mempunyai kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan dari jenis LNB C Band, LNB Ku Band, dan LNB S  Band:

  • LNB C Band, Kelebihan dari LNB C Band adalah kekuatan LNB dalam menerima sinyal terhadap gangguan cuaca. Saat hujan turun, biasanya gambar pada televisi yang kita terima tidak akan mengalami kerusakan seperti DVD rusak.
  • LNB Ku dan S Band, kedua LNB ini memiliki kelebihan yaitu tidak membutuhkan parabola berukuran besar sehingga memakan tempat. Frekuensi yang dipancarkan dari satelit cukup besar sehingga tidak memerlukan luas bidang parabola yang besar.
  • LNB S Band memiliki kelebihan hampir sama dengan LNB C Band yaitu ketahanan terhadap gangguan cuaca.

Kekurangan LNB C Band, Ku Band S  Band:

  • LNB C Band memiliki kelemahan atau kekurangan yaitu rentan terhadap gangguan mesin kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan pesawat terbang.
    Saat ada kendaraan bermotor lewat dekat parabola dengan LNB C Band maka biasanya gambar yang akan ditampilkan di televisi akan sedikit mengalami gangguan.
    LNB C Band ada yang dual output, dual polaritas (memiliki output polaritas Horizontal dan Vertikal), Single output, LNB Combo seperti matrix combo ( LNB C Band dan Ku Band jadi satu).
  • LNB Ku Band memiliki kekurangan yang rentan terhadap gangguan cuaca saat hujan turun. Saat hujan turun biasanya gambar yang ditampilkan di televisi akan mengalami gangguan seperti DVD rusak bahkan sinyal dan gambar bisa hilang sama sekali.
    Belum diketahui cara mengatasi gangguan cuaca pada LNB Ku Band. Cara yang dapat dilakukan dan dicoba untuk mngurangi efek gangguan cuaca pada LNB Ku Band bisa dilakukan dengan cara menggunakan ukuran parabola dengan ukuran yang lebih besar dan melindungi  parabola mini dari air hujan.
    Selain itu juga intenitas dan kualitas sinyal juga perlu dimaksimalkan agar ketika hujan turun intensitas dan kualitas sinyal tidak terlalu drop. LNB Ku Band memiliki 2 tipe diantaranya tipe offset dan prime focus.
  • LNB S Band memiliki kelemahan yang rentan mengalami gangguan ketika ada sinyal wifi di sekelilingnya.
Provider tv di Indonesia pengguna lnb C Band, Ku Band, dan S band

Matrix Garuda : C Band, Ku Band
K-Vision : C Band, Ku Band
Topas TV : C Band
Skynindo : C Band
Transvision : Ku Band
MNC Vision : S Band
Ninmedia : Ku Band

Setelah kita ketahui masing-masing kelebihan dan kelemahan jenis-jenis LNB, maka jangan heran kalau tiba-tiba gambar televisi yang Anda terima mengalami gangguan seperti yang saya sebutkan diatas.

LNB C Band vs Ku Band Pilih Mana?

LNB C Band merupakan lnb favorit saya, karena dengan lnb tersebut banyak channel gratis yang bisa dilock di Indonesia khususnya di tempat saya Kalimantan Tengah, dibandingkan dengan channel dari lnb ku band dan s band yang kebanyakan digunakan oleh provider tv berbayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.