Cara Mendapatkan Nilai Bagus Di Universitas Terbuka

Cara Mendapatkan Nilai Bagus Di Universitas Terbuka

IDCloudmedia.com – Cara memperoleh nilai bagus di Universitas Terbuka tidak semudah yang dibayangkan, perlu strategi dan perhitungan yang tepat agar nilai UAS bagus dan IPK pun ikut bagus.

Lulus dengan hasil nilai dan IPK yang bagus tentunya menjadi keinginan semua orang. Untuk mendapatkan nilai yang bagus di universitas manapun apalagi di Univeristas Terbuka tentunya perlu perjuangan.

Kuliah di UT merupakah kuliah mandiri, sehingga  untuk mendapatkan nilai bagus diperlukan inisiatif belajar mandiri tanpa malas-malasan.

Untuk memperoleh nilai bagus di Universitas Terbuka sebenarnya sangat gampang, yang perlu anda ketahui adalah caranya atau strateginya.

Jadi anggapan bahwa di UT itu masuknya gampang keluarnya susah, di UT susah dapat nilai A, atau di UT susah dapat nilai bagus.

Pernyataan itu semuanya saya kira tidak benar. Karena saya sudah menjalani sendiri di UT.

Agar UAS mendapatkan nilai yang bagus dan cepat lulus, anda harus memiliki strategi dalam meraihnya. Strategi ini saya terapkan selama menjalani perkuliahan di Universitas Terbuka.

Strategi Dalam Mendapatkan Nilai UAS Dan IPK Yang Bagus Di Universitas Terbuka

  • Tentukan Jumlah SKS, di sini saya mengambil non sipas dimana jumlah sks nya ditentukan sendiri. Pertimbangan banyaknya sks yang diambil adalah waktu yang saya miliki untuk belajar karena saya sambil kerja.
    Semester ganjil biasanya saya mengambil sks lebih banyak daripada semester genap, karena pekerjaan di awal tahun tidak lebih sibuk seperti pekerjaan di akhir tahun.
    Jika semester ganjil saya biasa menempuh 23 sks (8 s/d 9 mata kuliah), sementara semester genap saya biasa mengambil antara 16 s/d 19 sks atau sekitar 5-6 mata kuliah.
  • Wajib Baca Modul, jika anda tidak membaca modul maka saya yakin nilai UAS anda hasilnya tidak memuaskan. Membaca modul tidak mengharuskan anda membeli modul atau bahan ajar cetak karena sekarang modul dapat diakses melalui aplikasi bahan ajar digital UT atau ruang baca virtual.
    Saya memilih menggunakan bahan ajar cetak karena lebih mudah digunakan terutama jika saat membolak-balikan halaman yang mana jika menggunakan bahan ajar digital membuat saya kurang fokus.
  • Tentukan Target Modul Yang Harus Dikuasai, setiap modul atau bahan ajar terbagi ke dalam beberapa bab atau modul, biasanya jika mata kuliah dengan jumlah sks 2, 3, 4, maka jumlah modulnya dalam satu buku adalah 6, 9, dan 12 modul.
    Dari sini anda dapat menentukan target berapa minimal modul yang harus anda baca  dan paham dengan isinya. Jika mata kuliah dengan beban 3 sks, maka target saya setidaknya memahami 6 sampai 7 modul.
    Untuk memahaminya anda dapat menggunakan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam setiap modul, biasanya ada diawal setiap modul.

Strategi Dalam Mendapatkan Nilai UAS Dan IPK Yang Bagus Di Universitas Terbuka

  • Wajib Mengikuti Tuton atau TTM Sebagai Penambah Nilai, jika anda tidak ingin perjuangan yang lebih berat di UAS untuk mendapatkan nilai yang bagus maka anda wajib ikut tutorial online sebagai penambah nilai.
    Mengapa tuton saya garis bawahi sebagai penambah nilai? karena nilai tuton akan ditambahkan jika nilai UAS anda mencapai batas minimal soal yang harus dijawab dengan benar yaitu 30%.
    Hal ini yang membuat kebanyakan mahasiswa terlena karena sudah merasa aktif di tuton dan dapat nilainya bagus tapi lupa belajar dengan membaca modul untuk mempersiapkan UAS.
    Hasil UAS itulah yang menentukan nilai akhir. Ada yang tidak pernah ikut tuton tapi rajin membaca modul dan nilainya sangat memuaskan.
  • Tentukan Jumlah soal Yang Harus Dijawab Dengan Benar, setiap soal UAS UT memiliki jumlah soal yang berbeda, biasanya antara 35 sampai 50 butir soal dalam bentuk pilihan ganda.
    Untuk mata kuliah hitungan, jumlah soalnya antara 35 sampai 40, sementara mata kuliah dengan banyak teori jumlahnya 45 sampai 50 soal.
    Jika terdapat 50 soal UAS maka anda wajib menjawab soal dengan benar minimal 15 soal (skor UAS 30), diperoleh dari 30% x 50 soal.
    Jika jawaban benar dalam UAS tidak sampai 30% maka nilai anda hanya nilai UAS saja, tuton dan TTM tidak bisa membantu karena nilai UAS tidak mencapai batas nilai minimal yang harus dicapai.
    Jumlah soal 50, artinya benar 1 nilainya 2. Jika cuma 14 soal yang dijawab dengan benar, maka nilainya hanya 28, langsung dapat nilai E 😆 .

Berapa Kontribusi Tuton Dan TTM Terhadap Nilai UAS?

Contoh dari laman tutorial.ut.ac.id/faq. Nilai tuton berkontribusi sebesar 30% terhadap nilai akhir jika mendapat skor UAS minimal 30.

Jika Skor UAS sebesar 50 dan nilai tuton sebesar 90,
maka nilai akhir = 70% x 50 + 30% x 90 = 35 + 27 = 62.

Apabila skor UAS di bawah 30 maka nilai tuton tidak diperhitungkan pada nilai akhir, dan mahasiswa langsung mendapat nilai E

Nilai TTM berkontribusi sebesar 50% terhadap nilai akhir jika mendapat skor UAS minimal 30.

Jika Skor UAS adalah 50 dan nilai TTM adalah 90,
maka nilai akhir = 50% x 90 + 50% x 50 = 45 + 25 = 70.

Apabila skor UAS di bawah 30 maka nilai TTM tidak diperhitungkan pada nilai akhir, dan mahasiswa mendapat nilai E.

Dengan melihat perhitungan yang ada, sudah seharusnya mahasiswa UT memiliki target dan strategi agar nilai UAS di UT bagus yang pada akhirnya berpengaruh juga ke nilai IPK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.