Cara Mengatasi Signal Palapa Dapat Telkom Hilang

Cara Mengatasi Signal Palapa Dapat Telkom Hilang

IDCloudmedia.com – Cara Mengatasi Signal Palapa Dapat Telkom Hilang. Menggunakan tv parabola dan mengalami masalah sinyal satelit palapa dapat namun sinyal satelit telkom hilang? Berikut ini cara mengatasinya.

Sinyal palapa dan telkom keduanya harus ada secara maksimal jika menggunakan dua lnb agar siaran televisi dari kedua satelit tersebut dapat disaksikan terutama pada receiver biasa.

Namun ada kalanya mengalami masalah dimana sinyal di palapa nya ada sementara di telkom hilang atau lemah atau sebaliknya.

palapa dan telkom hilang

Untuk mengetahui masalah dan mencari solusinya kita harus menemukan dulu masalah atau penyebabnya mengapa palapa ada sinyal akan tetapi telkom hilang sinyal.

Berikut ini masalah dan cara mengatasi palapa ada sinyal namun telkom hilang sinyal :

  • Jarak LNB belum tepat
    Jarak lnb yang tidak tepat akan mengakibatkan salah satu lnb tidak dapat menerima sinyal apalagi posisinya offset.
    Untuk setiap ukuran parabola, lnb untuk palapa dan telkom jaraknya berbeda, sebagai contoh pada parabola/ dish ukuran 1.8 meter (6 feet) jarak lnb palapa telkom hampir berdempetan, sementara di parabola 10 feet ada jarak sekitar 2-3 jari atau ± 5 cm
    Jika palapa dapat namun telkom belum silahkan atur jaraknya hingga tepat.
  • Kedalaman LNB belum tepat
    Setelah jarak lnb, faktor selanjutnya adalah kedalaman lnb. Pada lnb sudah ada ukurannya, biasanya kedalaman lnb yang digunakan adalah 38 dan 40. Untuk mendapatkan sinyal satelit palapa dan telkom dapat menggunakan kombinasi kedalaman lnb.
    Misalnya kedalaman lnb palapa 40 dan telkom 38 atau sebaliknya, silahkan bereksperimen.
  • Tiang fokus tidak tepat
    Ada dua jenis tiang fokus yang umum, yaitu tiang fokus kaki tiga dan tiang tunggal (mirip cangkul). Ketinggian tiang fokus sudah dibuat sesuai standar dari pabrik sehingga pasanglah sesuai pada posisinya.
  • Parabola kurang tamvan (sudah tidak sinkron/baling)
    Parabola yang bentuknya sudah tidak simetris biasanya akan berpengaruh terhadap sinyal yang diperoleh karena akan berpengaruh terhadap titik fokus yang dipantulkan, apalagi jika dipasang lebih dari 1 lnb pasti akan ada yang posisinya offset.
  • Salah satu lnb mati
    Untuk mengetahuinya bisa dites misalnya dengan menjadikan lnb palapa sebagai lnb telkom, tentunya harus mengatur port dan frekuensinya. Namun kasus lnb mati sangat jarang terjadi.
  • Switch bermasalah
    Untuk switch meskipun hanya menggunakan 2 lnb, saya sarankan menggunakan switch yang untuk 4 lnb.
  • Pindah satelit
    Jika channelnya pindah ke satelit lain yang berbeda slot atau frekuensi maka perlu di repointing dan atur kembali frekuensinya secara manual atau scan otomatis
  • Kurang tepat posisinya
    Sinyal palapa atau telkom akan hilang atau lemah jika parabola bergerak atau bergeser sedikit saja dari posisi awal.

Itulah beberapa tips mengatasi masalah sinyal palapa dapat namun sinyal telkom menghilang. Jika sudah berhasil maka palapa dan telkom dapat digabung dengan switch.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.