Cara Menukarkan Uang Tidak Layak Edar

Cara Menukarkan Uang Tidak Layak Edar

IDCloudmedia.com – Masyarakat Indonesia dapat menukarkan uang tidak layak edar dengan Uang Rupiah yang layak edar di kantor Bank Indonesia setempat. Atau dapat juga dilakukan pada waktu kegiatan kas keliling Bank Indonesia, dan di kantor pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia atau pada waktu kegiatan kas keliling pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia.

Uang tidak layak edar meliputi uang lusuh, uang cacat, uang rusak, dan uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran.

Uang tidak layak edar bisa diakibatkan rusak, lusuh, cacat, dan lain sebagainya. Namanya juga uang, sana sini yang pegang uang, satu uang bisa berpindah-pindah tangan dalam sekejap.

Akibatnya uang bisa jadi lusuh, rusak, lecek. nah, berikut ini tata cara penukaran uang tidak layak edar yang didapat dari booklet yang diberikan oleh Bank Indonesia :

  • Uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran
    Bank Indonesia memberikan penggantian sebesar nilai nominal kepada masyarakat yang menukarkan uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran sepanjang dapat dikenali keasliannya dan dalam jangka waktu 10 tahun sejak tanggal pencabutan.
    Biasanya uang ditarik atau dicabut dari peredaran itu karena akan dikeluarkan uang baru sebagai penggantinya seperti yang sudah-sudah,
  • Uang Lusuh atau Uang Cacat
    Bank Indonesia memberikan penggantian sebesar nilai nominal kepada masyarakat yang menukarkan uang lusuh atau cacat sepanjang dapat dikenali keasliannya,
  • Uang Rusak
    Bank Indonesia/pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia memberikan penggantian kepada masyarakat yang menukarkan Uang Rusak diatur sebagai berikut:
    1. Uang Logam
      Uang Logam rusak diberikan penggantian apabila fisiknya lebih besar dari 1/2 (setengah) ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenali keasliannya.
      Untuk uang logam tingkat kerusakannya sangat kecil mengingat bahannya yang dari logam, dan penggunaannya tidak terlalu banyak. Mau digigit-gigit juga tidak akan rusak.
    2. Uang Kertas
      Uang Kertas rusak diberi penggantian apabila fisiknya lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya, dan ciri uang dapat dikenali keasliannya, dengan persyaratan :
      a. Uang Rusak masih merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap ; atau
      b. Uang Rusak tidak merupakan satu kesatuan, tetapi terbagi menjadi paling banyak 2 (dua) bagian terpisah, dan kedua nomor seri pada uang tersebut lengkap dan sama.

tata cara penukaran uang tidak layak edar menurut bank indonesia

Terima kasih Anda telah membaca artikel Tata Cara Penukaran Uang Tidak Layak Edar. Semoga bisa memberikan informasi kepada kita bagaimana tata cara menukarkan uang yang sudah tidak layak edar.

Dengan mengatahui syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan sehingga kita juga tahu bahwa uang yang sudah tidak layak edar tidak semuanya dapat ditukarkan.

Misalkan saja uang seratus ribu Anda terpotong, dan anda hanya punya potongannya cuma secuil, sementara bagian potongan yang lain hilang entah dimana. Daripada ditukarkan di Bank, mending Anda ikhlaskan saja 😆 .

Bank Indonesia tidak akan memberikan penggantian atas uang rusak yang apabila menurut pertimbangan Bank Indonesia kerusakan uang tersebut diduga dilakukan secara sengaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.