Cara WebServer Receiver Getmecom HD009 Super Plus

Cara WebServer Receiver Getmecom HD009 Super Plus

IDCloudmedia.com – Cara WebServer Receiver Getmecom HD009 Super Plus. Web Server adalah sebuah fitur khusus yang dimiliki oleh jenis digital satelit receiver tertentu, artinya tidak semua receiver support web server.

Pada sebuah receiver parabola, fitur web server memungkinkan kita untuk streaming atau menyaksikan channel televisi di PC, HandPhone, Laptop secara wireless.

Jika biasanya siaran televisi dari sebuah receiver disambungkan ke televisi menggunakan kabel RCA (merah, kuning, putih) atau kabel HDMI, dengan web server siaran televisi tersebut dapat disaksikan melalui komputer maupun gadget android anda tanpa kabel (wireless).

Getmecom Super Plus

Cara WebServer Receiver Getmecom HD009 Super Plus

Untuk melakukan web server Getmecom HD009 Super Plus, antara receiver dan media yang akan dijadikan sebagai televisi misalnya laptop atau telepon seluler android anda harus berada di jaringan yang memiliki IP sama. Jika menggunakan Router maka SSID nya tidak perlu sama, karena di router selain menggunakan SSID juga dapat menggunakan port LAN. SSID lebih dikenal dengan nama wifi.

Jaringan LAN atau wifi yang digunakan untuk web server pada receiver Getmecom HD009 Super Plus atau receiver lainnya tidak harus ada paket internetnya. Jadi jangan kuatir karena kuota internet anda tidak akan habis tersedot.

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara melakukan webserver  receiver Getmecom HD009 Super Plus atau Getmecom HD009 Super +

Setting Wifi Hotspot di HP Android atau Wifi Hotspot dan Jaringan LAN di Router

Untuk webserver Getmecom HD009 Super+ menggunakan PC atau Laptop saya lebih suka menggunakan kabel LAN dan router. Getmecom HD009 Super+ ini adalah salah satu receiver Getmecom yang memiliki port LAN dan port USB.

Jika menggunakan HP maka memakai wifi hotspot. Untuk menghidupkan wifi hotspot di HP saya rasa caranya sudah tahu.

Pada artikel tutorial webserver Getmecom HD009 Super Plus kali ini saya akan menggunakan wifi hotspot dari HP Samsung Galaxy J1 Mini sebagai network dan Laptop Asus A442U sebagai media player atau tv nya.

  • #Langkah 1 : Langsung saja hidupkan wifi hotspot di handphone anda masing-masing. Di sini saya memberi nama SSID Wifi dengan nama IDCLOUDMEDIA.COM
  • #Langkah 2 : Sambungkan receiver Getmecom HD009 Super Plus anda ke jaringan wifi dengan nama SSID seperti di atas, untuk nama SSID Wifi terserah anda mau mengasih nama apa saja. Karena menggunakan wifi, maka receiver anda harus terpasang USB Wifi Dongle.
  • #Langkah 3 :Pada remot anda tekan Menu, geser sampai ke Menu Network kemudian pilih Network Setting

  • #Langkah 4 :Device (perangkat) : pilih Wifi karena kita menggunakan Wifi, Type : DHCP. Jika ingin menggunakan LAN tinggal geser kanan atau kiri, jika terhubung dengan kabel LAN maka akan tersedia pilihan LAN.

  • #Langkah 5 : Tekan Scan (Tombol Hijau) untuk memunculkan mana SSID Wifi Anda, setelah terdapat SSID Wifi yang akan kita pakai maka geser ke nama tersebut dan tekan OK, jika diminta password wifi masukan password wifi dengan menggeser bilah sorot yang ada ditulisan Connect ke arah atas.

  • #Langkah 6 : Jika sudah dimasukan password tekan Ok dan Connect (sambungkan), jika sudah ter-ceklis maka artinya receiver anda sudah terhubung ke jaringan wifi.

  • Wifi Dongle yang saya pakai adalah EviniX, wifi dongle ini sebelumnya saya pernah pakai di receiver Matrix Burger S2 box biru dan Matrix Burger Extra HD karena tipe dongle wifi rt5370 jadi cocok semua.

Setting pada Laptop dan Windows Media Player

  • #Langkah 1 : Selanjutnya sambungkan Laptop anda ke nama SSID Wifi yang sama. Jika sudah tersambung selanjutnya kita lakukan proses web servernya. Kita dapat menggunakan Windows Media Player ataupun VLC Player.

  • #Langkah 2 : Buka Windows Media Player di Laptop anda, jika sudah tersambung maka akan tampil seperti gambar di bawah.

  • #Langkah 3 : Selanjutnya kita akan membuka daftar channelnya, jumlah channel sesuai dengan apa yang sudah anda scan sebelumnya. Yang saya beri kotak biru di pojok kiri atas adalah letak daftar channelnya berada

  • Untuk memainkan atau membuka siarannya ada dua cara, yaitu langsung dengan Windows Media Player atau menggunakan vlc media player.
  • #Langkah 4 : Untuk membuka siarannya secara langsung caranya klik kanan pada nama channel yang akan ditonton melalui webserver Getmecom Super Plus kemudian pilih play atau klik dua kali pada nama channel, tunggu hingga jendela tampilan windows media player seperti contoh di bawah ini.

Setting pada VLC Media Player

Untuk web server di laptop menggunakan VLC Media Player pun ada dua cara tapi akan saya bahas pada artikel kali ini hanya untuk satu cara saja, karena menyambung dari proses web server sebelumnya yang menggunakan Windows Media Player.

  • #Langkah 1 : Untuk membuka siarannya melalui VLC Media Player silahkan klik kanan pada nama channel, lalu pilih propertis. Salin lah URL dari awal http sampai akhir .ts seperti yang di blok pada gambar di bawah ini.

  • #Langkah 2 : Buka aplikasi VLC Meida Player anda. Klik Media, Buka Stream Jaringan, Jaringan. Kemudian masukan URL yang sudah di salin seperti gambar di bawah ini dan klik Play

  • #Langkah 3 :Tunggu hingga vlc media player anda akan menampilkan siaran layaknya televisi dan tentu gambarnya lebih jernih.

Untuk hasil perbandingannya antara yang wireless atau melalui web server dan melalui kabel RCA bisa anda bandingkan.

Gambar sebelah kiri adalah hasil dari web server yang saya lakukan di Getmecom Super Plus, sedangkan yang kanan melalui kabel RCA, keduanya berjalan bersamaan karena saya hubungkan juga ke laptop dengan Easy Cap. Video yang melalui web server lebih lambat hampir 10 detik  😳  🙄

Kesimpulan : Webserver Getmecom HD009 Super Plus + akan aktiv dan terdeteksi secara otomatis jika antara receiver dan perangkat media playernya terhubung pada jaringan yang memiliki IP Address yang sama.

Ada pertanyaan?? silahkan tanyakan di kolom komentar. Bermnfaat, silahkan dibagikan. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan