Pengalaman Perpanjangan SKCK Yang Sudah Mati

[Total: 2   Average: 5/5]

Pengalaman Perpanjangan SKCK Yang Sudah Mati

IDCloudmedia.com – Pengalaman Perpanjangan SKCK Yang Sudah Mati. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam melakukan perpanjangan SKCK yang sudah mati atau sudah lewat dari masa berlakunya untuk keperluan melamar pekerjaan.

Pertama kalinya saya membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) adalah pada tahun 2011 saat akan mendaftar kuliah. Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa disingkat dengan SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Masa berlaku SKCK hingga 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Persyaratan membuat SKCK :

  1. Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli,
  2. Fotokopi Paspor,
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK),
  4. Fotokopi Akte Lahir / Kenal Lahir / Ijazah,
  5. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP,
  6. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

Kedua kali saya membuat skck adalah tahun April 2019. Pada waktu itu ada lowongan pekerjaan di PT. Sumur Pandanwangi Kartika. Saya mencoba melamar dan di persyaratannya diharuskan melampirkan foto kopi skck.

Kenyataannya saya tidak mendapat panggilan setidaknya untuk tes tertulis, sehingga skck yang saya buat pun tidak berlaku lagi bulan Oktober 2019.

Tahun 2019 pun berganti menjadi tahun 2020, pada bulan Maret 2020 ada informasi lagi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang sama yaitu PT. Sumur Pandanwangi Kartika.

Informasinya sangat telat, berdasarkan surat yang saya baca, surat dibuat tanggal 10 Maret 2020 namun tanggal 17 Maret 2020 baru sampai ke kantor Desa Kartika Bhakti. Padahal hari terakhir mengumpulkan berkas lamaran adalah tanggal 18 Maret 2020.

Perpanjang SKCK

Alhamdulillah saya masih memegang SKCK yang saya buat sebelumnya dan meskipun sudah tidak berlaku. Akhirnya saya coba bawa ke Polres Seruyan dengan membawa berkas seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, akta lahir, photo 4×6 untuk mencoba diperpanjang, ternyata bisa.

Persyaratan Memperpanjang SKCK Yang Telah Mati:

  1. SKCK Asli
  2. FC KTP 1 lembar
  3. FC Akte Lahir
  4. FC Kartu Keluarga
  5. Foto 4×6 latar belakang merah sebanyak 4 lembar

Setelah persyaratan dilengkapi, anda akan diberi formulir untuk diisi dengan tulisan tangan. Informasi yang ditanyakan di formulir diantaranya ayah, ibu, saudara, istri, anak, umur mereka, pendidikan mereka dan lainnya.

Berapa lama proses perpanjang SKCK? kurang lebih setengah jam jika tidak antri atau banyak yang akan membuat skck juga.

Proses memperpanjang SKCK lebih cepat dari pada membuat SKCK baru, karena biasanya SKCK baru harus melakukan perekaman sidik jari, namun sekarang lebih mudah karena ada E-KTP.

Biaya Membuat dan Memperpanjang SKCK Yang Telah Mati:

Dulu waktu tahun 2011 kalau tidak salah biaya membuat SKCK itu hanya Rp 10.000, namun sekarang biayanya baik membuat skck baru atau memperpanjang adalah sebesar Rp 30.000. Biaya ini masuk penghasilan negara bukan pajak.

Sebenarnya biaya berapa pun tidak masalah asal pekerjaan yang dilamar membuahkan hasil, paling tidak ada kabar panggilan untuk tes tertulis. Meskipun tidak sedikit yang lowongan pekerjaan tidak kunjung ada kabar, padahal untuk melengkapi berkas tersebut perlu biaya, waktu, dan tenaga.

Meskipun sekarang mengisi formulir SKCK Online, bisa secara online, bayangkan jika anda orang yang berada diposisi sebagai pelamar kerja, sehingga alangkah baiknya mereka perlu dihargai atas usahanya, setidaknya dengan memberi kabar jika lamarannya ditolak meski dalam seleksi berkas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.