Perbedaan TV Voucher dan TV Berlangganan

Perbedaan TV Voucher dan TV Berlangganan

IDCloudmedia.com – Mengenal Perbedaan TV Voucher dan TV Berlangganan – Bagi Anda pengguna tv parabola di rumah pasti ada yang pernah mendengar tv berlangganan dan tv voucher.

Sepintas tv voucher dan tv berlangganan seperti sama saja, letak persamaannya ada pada keduanya termasuk dalam jenis pay tv ( televisi berbayar). Metode pembayarannya juga sama bisa melalui voucher fisik maupun elektronik. Decoder yang digunakan biasanya decoder khusus produksi mereka sendiri karena biasanya ada ID Pelanggannya.

Disamping memiliki persamaan seperti di atas, keduanya juga memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Berikut ini perpedaan tv voucher dan tv berlangganan:

TV Voucher memiliki ciri:

Perangkat jadi milik sendiri bukan disewakan tapi harus dibeli.
Tidak ada biaya bulanan yang mengikat, artinya jika kita ingin menikmati channel-channel premium kita bisa mengisi saldo dan mengaktivkan paket.

Sementara jika tidak ingin menonton channel premium kita tidak harus membeli paket, dan siaran lokalnya pun masih tetap bisa disaksikan baik secara Free To Air ataupun Free To View.

Tidak ada penyitaan perangkat kalau tidak membayar biaya bulanan.
Karena perangkat khususnya dekoder sudah anda beli otomatis menjadi milik anda, sehingga mau isi voucher atau tidak perangkat tetap jadi milik sendiri.

contoh tv vouher dan tv berlangganan

Ciri tv berlangganan:

Terikat biaya / iuran bulanan
Ciri dari tv berlangganan adalah kebalikan dari tv voucher, meski ada tv berlangganan yang perangkatnya jadi hak milik namun terikat iuran bulanan. Artinya harus berlangganan setiap bulan.

Perangkat dipinjamkan / disewakan
Ada tv berlangganan yang perangkatnya dipinjamkan dan ada yang disewakan / bulan. Jadi selain ada biaya iuran, ada juga biaya tambahan sewa perangkat. Belum lagi kalau ada biaya instalasi (jika tidak pasang sendiri)

Demikianlah informasi perbedaan  antara tv voucher dan tv yang berlangganan. Kalau saya disuruh memilih maka saya akan pilih tv voucher.

Mengapa saya lebih memilih tv voucher karena tidak terikat biaya bulanan sehingga isi paket sewaktu-waktu saja kalau lagi ingin menyaksikan acara-acara tertentu.

Beberapa tv voucher yang terkenal adalah Matrix Garuda, Topas TV Voucher dan K-vision. Dari ketiga tv voucher tersebut, semuanya sudah pernah saya pakai. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *